Bahasa Indonesia English
SEKILAS INFOSelamat Hari Ulang Tahun KORPRI Ke 45 Semoga Makin Jaya Selamat Datang di Website Sistem Informasi Administrasi Pembangunan (SIMDALBANG)

Bupati : Deklarasi Bhineka Tunggal Ika Jaga Persatuan Dan Kesatauan NKRI

Bookmark and Share
Jumat, 25 November 2016 - 13:17:57 WIB » Diposting oleh : Administrator » Hits : 381 » BERITA PEMBANGUNAN

Beberapa waktu lalu ratusan warga yang tergabung dalam berbagai organisasi dan elemen masyarakat melakukan kegiatan Deklarasi Ber-Bhineka Tunggal Ika di Lapangan Alun-alun Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Deklarasi kebhinekaan cinta damai masyarakat Garut melalui hikmat hari pahlawan ke - 71 tahun 2016 meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam rangka mewujudkan persataun dan kesatauan NKRI yang kokoh.

Bupati Garut Rudi Gunawan yang memimpin deklarasi tersebut mengatakan, deklarasi warga Garut itu sebagai bentuk komitmen menjaga cinta damai dan siap ber-Bhineka Tunggal Ika yaitu meskipun berbagai perbedaan tetapi satu tujuan.

“Jadi ini menjadi komitmen jika perbedaan suku bangsa, agama, dan lainnya tidak menjadikan pembeda yang mendasar, namun justru menjadi kekuatan masyarakat,” katanya.

Ia menuturkan, perbedaan di Garut dapat menjadi persatuan untuk kekuatan menjaga soliditas dan kebersamaan masyarakat Garut.

Menurut dia, deklarasi Bhineka Tunggal Ika merupakan upaya pencegahan dari tindakan pihak yang ingin memecah belah masyarakat Garut, umumnya Indonesia.

“Kami memberikan jaminan keamanan untuk seluruh masyarakat bersama Pak Kapolres, Dandim, MUI, dan organ lainnya di Garut,” kata Rudi.

Kepala Polres Garut AKBP Arif Budiman menambahkan, kondisi Garut dalam keadaan aman dan tidak terdapat ancaman yang dapat memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Meskipun situasinya aman, kata Arif, jajarannya tetap siaga bahkan terus meningkatkan kewaspadaan dari berbagai ancaman gangguan keamanan dan kenyamanan masyarakat.

“Meningkatkan kewasapdaan dengan menggalakan patroli di lokasi-lokasi rawan,” katanya.

Berita & Artikel Lainnya